Cara Membedakan Sepatu Vans Ori

10 Cara membedakan Sepatu Vans Ori dengan Vans KW

1. Perhatikan dengan seksama Logo Vans.
Logo sepatu Vans dicetak dalam huruf besar (Kapital) dan huruf “V” akan membentuk seperti simbol akar dalam matematika. Pada sebelah logo bagian kanan bawah terdapat huruf “R” dalam lingkaran. Ingat, sebelum terlanjur membeli perhatikan logo Vans, yang asli seperti terlihat pada gambar.

Logo Vans Original
Logo Vans Original
2. Periksa jahitan sepatu Vans.
Amati bagian luar dan bagian dalam pada jahitan (Stitching) sepatu Vans ori sangat rapi. Congkel jahitan sepatu Vans menggunakan kuku, jika jahitan tetap rapi dan benang tak keluar dari jahitan berarti sepatu Vans asli. Seandainya menjumpai jahitan dua garis maka jahitan tersebut harusnya identik dan jarak satu sama lain tetap sama.
3. Periksa bagian bawah, yaitu sole sepatu Vans.
Balik sepatu Vans dan cek sole, apakah pada bagian tengah ada tercetak pola bintang dengan 6 segi (bintang david) yang saling bersambungan? Lihat gambar untuk lebih jelas.
sole sepatu Vans original
sole sepatu Vans original
4. Selanjutnya cek kualitas karet Outsole dan Foxing Tape.
Sepatu Vans yang asli menggunakan bahan karet yang berkualitas tinggi. Sole sepatu sangat lentur dan mudah ditekuk karena dirancang untuk extrem sports. Jika sebaliknya, maka dapat dipastikan itu adalah sepatu Vans palsu.
5. Setelah periksa sole, jangan lupa cek Kode Waffle
Kode IFC dan HF sama-sama made in China, keduanya menandakan sepatu Vans Original. Namun tak ada jaminan bahwa kode tersebut mutlak menandakan Vans asli, karena pabrik Vans KW super atau Vans replika juga mencetak kode tersebut, jadi sangat susah jika dibedakan hanya lewat foto. Caranya adalah dengan cara memerika langsung, cek bagian material, kerapian jahitan dan kelengkapan (box, tag, stiker, dll)
Kode DT dan SHT juga made in China, namun belum banyak yang tahu karena termasuk keluaran pabarik baru Vans di China. Kode DT dan SHT banyak ditemukan pada sepatu Vans keluaran terbaru, diantaranya sepatu Vans Era Van Doren Multi Stripers, hingga kini belum ditemukan versi replikanya.
Tapi bukan berarti semua Van Doren Pack solenya berkode SHC, kadang ada juga berkode IFC dan ZDC (Made in China), karena bisa saja beberapa parikan memproduksi satu jenis Vans yang sama.
Selain di China, Vans juga punya pabrik di Vietnam dengan kode EVB. Di Indonesia juga ada pabarik sepatu Vans, kodenya GSI (Glow Star Indonesia) yang terletak di Sukabumi.
Sepatu Vans dengan kode GSI ini banyak beredar di Indonesia dengan harga murah, tentunya lewat pasar gelap (Black Market) alias ilegal. Tapi tidak dijual secara komplit dengan box beserta isinya, tag, stiker, kertas dan dus (dijual terpisah). Menurut salah seorang member komunitas Vanshead, sepatu Vans berkode GSI adalah 100% Original dan belum ada ditemukan yang palsu.
Oh ya ada satu kode lagi, yaitu kode GH (Made in U.S.A) awalnya memang ada namun ketika Vans tidak punya pabrik lagi di Amerika maka dapat dipastikan kode GH adalah palsu.
Daftar Kode Waffle sepatu Vans
IFC: China
HF: China
DT: China
SHC: China
ZDC: China
EVB: Vietnam
GSI: Indonesia
GH: U.S.A (Absolutely Fake)
6. Cek harga sepatu Vans
Rata-rata sepatu Vans yang asli dijual dengan harga antara Rp 600 ribuan. Jika menemukan sepatu Vans yang dijual jauh dibawah harga tersebut maka dapat dipastikan itu adalah sepatu Vans versi KW alias Fake ataupun Palsu.
Untuk sepatu Vans dengan kode GSI pabrikan Indonesia yang berada di Sukabumi banyak beredar di pasar Black Market dengan rentang harga antara Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu.
7. Cocokkan desain sepatu Vans
Sebelum membeli sepatu Vans di toko manapun, sesuaikan terlebih dahulu dengan model sepatu Vans yang ada di website resminya dengan cara print model yang Anda inginkan. Cocokkan warna dan coraknya.
8. Hubungi CS Vans
Jika masih ragu, foto sepatu Vans yang akan dibeli, kemudian kirimkan ke customer service Vans untuk mengetahui asli atau bukan, tunggu jawaban dari CS.
9. Periksa kode di Box sepatu Vans.
Coba lihat pada bagian kotak sepatu Vans, misalnya untuk Vans Era 59 CA (wool) Gris, kode pada boxnya VN-0LYJLIY, silahkan search di Google kode tersebut. Kode sepatu Vans asli akan muncul gambarnya di pencarian Google. Jika tidak ada maka dipastikan sepatu Vans itu FAKE alias palsu.
10. Toko resmi atau yang memiliki reputasi
Beli sepatu Vans di toko/website resmi atau ditempat yang telah mempunyai reputasi sebagai penjual sepatu Vans original. Kalau masih ragu coba tanyakan kepada teman Anda yang lebih berpengalaman.

Comments

Post a Comment

Popular Posts