Mengenal Jenis Jenis Pensil

JENIS JENIS PENSIL


Pensil yang kita ketahui selama ini adalah merupakan bagian dari sebuah peralatan menulis maupun menggambar . Pensil sudah menjadi sebuah kebutuhan utama sebagai pelengkap material di berbagai aktivitas , dari pelajar, pemerintahan ataupun para seniman . Di jaman dahulu tepatnya di Yunani, Alat ini sudah di gunakan dan sudah di produksi ,menyesuaikan perkembangan secara bertahap hingga sekarang ini ,pensil sudah merambah ke seluruh dunia dan mempunyai bentuk kesempurnaan yaitu berbentuk batang bulat panjang terbuat dari kayu dengan ujung membentuk silinder yang meruncing dan mempunyai mata pensil .

    image by corrupteddevelopment.com



  • FUNGSI PENSIL
Di era modern sekarang ini pensil adalah sarana tepat untuk mengungkapkan beberapa dari ide atau uraian yang ada dalam pikiran kita sehingga proses pembuatan maupun proses penentuan akan terjadi berkat adanya pensil ini . Sebagai contoh proses pembuatan sebuah tulisan , sketcing , desain ,dll . Sedangkan contoh proses penentuan , dapat kita lihat seorang pelajar yang sedang menjawab soal pertanyaan ujian nasional , maka pensil lah yang menjadi alat utama setelah mereka berfikir dengan matang atas pertanyaan yang di ajukan di soal ujian . Seorang arsitek juga akan mendapatkan sebuah hasil yang sesuai dengan adanya pensil sebagai alat material pokok . Begitu juga seniman pensil yang sengaja membuat lukisan dengan hanya bermodalkan pensil dan kertas saja . Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya .

  • KEISTIMEWAAN PENSIL
Perbedaan yang signifikan terjadi jika kita bandingkan antara pensil dengan ballpoint , Pensil menghasilkan sebuah goresan yang terkesan blurr dan istimewanya bisa di buat semakin tajam jika kita gerakkan secara terus menerus . Dan pensil pun bisa di hapus apabila terjadi beberapa kesalahan ,ada juga para seniman yang menggunakan pensil tanpa menggunakan penghapus. Berbeda jika kita menggunakan ballpoint yang tingkat ketajamannya jauh lebih tajam dan susah untuk di hapus .

  • JENIS JENIS PENSIL
Jenis pensil banyak macam dan kegunaannya ,ukurannya pun bertahap dari mulai yang terendah hingga ukuran ketajaman yang tinggi .
  1. Pensil Mekanik , Pensil ini adalah pensil tanpa raut . Kemasannya mirip ballpoint dan bisa di isi ulang . Alat ini sering dipakai untuk keperluan sketcing awal maupun arsiran pada bagian detail seperti membuat arsiran rambut agar terkesan semi realis . Ukurannya hanya tersedia ukuran H. dan 2 B
  2. Pensil Grapith , Pensil ini adalah pensil yang banyak di gunakan secara umum . Bentuknya bulat panjang terbuat dari kayu dengan mata pensil di tengah ,dan dapat di raut. Ukuran pensil grapith ini bervariasi dari H,F,B,Hb,B,2B,3B,4B,5B,6B,7B,8B,9B,EB, dan EE . Masing masing berbeda ketebalannya dan berurutan ,semakin tinggi ukurannya maka akan semakin tajam .
  3. Pensil Conte .Alat ini terbuat dari bubuk arang yang di olah dan di kemas serupa dengan pensil grapith , Namun agak lebih besar bentuk bulatan kayu nya. Umumnya alat ini di gunakan oleh para seniman pensil . Tekhnik menggambar menggunakan alat ini pun banyak macamnya . Selain itu juga ada tambahan kuas atau kapas sebagai pelengkap/pendukung dalam langkah tekhnik arsirannya.
  4. Pensil Carchoal .Alat ini tak jauh beda dengan pensil conte . Hanya saja tekstur arsiranyang di hasilkan terkesan lebih kasar . Memaksimalkannya pun sama dengan pensil conte yaitu dengan menambahkan kapas atau kuas .
  5. Pensil Dermatograph . Alat ini berbeda dengan jenis pensil di atas , Umumnya di gunakan untuk membuat desain atau sketch di atas permukaan kaca ,namun ada juga yang menggunakan di atas kertas . Tekstur arsiran yang di hasilkan lebih licin atau berminyak . Cara merautnya sangat unik sebab terbuat dari kertas yang di gulung rapi sebagai pembungkus nya ,jadi kita tinggal menarik ujung kertas yang ada di dekat mata pensil 
  6. Pensil Tukang . Alat ini hanya spesial di gunakan untuk para tukang kayu . Desain yang di buat adalah berbentuk pipih memanjang . Mata pensilnya pun agak lebih besar .enyesuaikan pembungkusnya 
  7. Pensil Rias . Alat ini hanya di gunakan untuk merias wajah saja . Dalam hal ini untuk membuat bentuk alis maupun meperhitam bulu mata dan daerah sekitar mata . Tekstur arsir yang dihasikan lebih lembut fan di khususkan hanya untuk bagian wajah saja .
  8. Pensil Warna . Bentuk dan tekstur sama seperti pensil grapith ,hanya saja mempunyai karakter warna . 
  9. Pensil Crayon . Alat ini sama halnya seperti crayon namun di kemas sepetti pensil gtapith , dan memiliki beberapa karakter warna .
contoh ketebalan pensil grapith kamu bisa lihat gambar di bawah ini 

Image by bdart.ca

Dari berbagai jenis pensil di atas kamu bisa memvariasikan atau mengkolaborasikan untuk membuat sebuah karya . Atau kamu bisa memilih di antara salah satu nya. Untuk pensil dengan ukuran tertentu dan jenis tertentu biasanya agak susah di dapatkan . Saran saya kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli secara online melalui internet . Selamat berkreasi dan SALAM KREATIF.

Sumber : Kreatifberkarya.com

Comments

Popular Posts