Perbedaan Dalam Menggambar Bentuk Kepala Manusia ( Drawing Pencil)

MENGGAMBAR BENTUK KEPALA MANUSIA

Pada umumnya bentuk kepala manusia secara keseluruhan terdiri dari dua bagian . Dua bagian tersebut merupakan sebuah bentuk yang paling menonjol . Bagian apakah itu ? Bagian yang di maksudkan disini adalah bagian antara kepala atas dan kepala bawah atau biasa disebut DAGU . Seiring bertambahnya usia ,bagian di antara kepala dan dagu manusia semakin bertumbuh . Kepala menjadi salah satu organ yang mengatasnamakan sebuah karakter dari tubuh manusia , maka jika ada tubuh tanpa kepala maka itu bukanlah manusia .Struktur tubuh di bagi menjadi empat bagian meliputi Kepala ,Badan , pergelangan tangan, dan pergelangan kaki , dan bagian wajah lah yang sering di gambar . Jika kamu pahami bagian kepala menjadi prioritas utama seorang seniman dalam menggambar tubuh . Nggak percaya? kamu lihat di sekeliling area pertemanan sesama hobi menggambar kamu , sudah pasti jika mereka menggambar tubuh manusia entah itu manga ataupun realis dan bahkan kartun ,pasti di dahulukan untuk menggambar kepala sebagai titik awalnya . Perbedaan mendasar sebuah tingkatan usia manusia di bagi menjadi 5 tingkatan yaitu bagian kepala di saat masih bayi, anak anak , remaja , dewasa , dan tua .

Basic atau awal dalam menggambar kepala sangat mudah jika kita sambil melihat dan memahami dari beberapa orang di sekitar kita . Dan ini contoh kecil yang paling mudah di dapat di antaranya melihat bagian atau jenis kepala di antara keluarga kita , adik kakak , ibu , dan lain lain .. Atau bisa kita pantau tetangga sebelah yang sedang mempunyai bayi dan masih banyak contoh untuk lebih mengerti bagaimana bentuk bentuk kepala menurut perbedaan masing masing sesuai usia nya .

  • BAYI 

Bentuk wajah untuk bayi pada umumnya adalah pendek dan bulat di bagian pipinya sehingga masih terlihat lucu bagaikan bola . Bagian dagu pun masih terlihat rata , pada bayi cowok dan cewek bentuk mata masih terlihat bulat dengan bola mata yang masih besar sehinggga terlihat masih penuh apabila di lihat dari kejauhan . Hanya saja perbedaan untuk bayi cewek terdapat pada bulu mata yang agak panjang dan lentik . Untuk bentuk lainnya yaitu hidung dan mulut ada dua kemungkinan jika di gambar , bisa di gambar dalam bentuk garis atau titik saja .





  • ANAK ANAK
Untuk bentuk dari kepala anak anak tidak jauh berbeda dengan ketika masih bayi , hanya ada beberapa hal yang menonjol entah memanjang ataupun melebar . Hal ini terjadi pada bulatan wajah yang agak memanjang dan mulut makin melebar , matanya pun masih agak sedikit sama dengan bayi namun bola mata tidak terlihat terlalu besar .










  • REMAJA
Bulatan oval antara wajah cewek dan cowok lebih panjang bulatan untuk wajah cewek , Di bagian dagunya sudah mulai membentuk menyesuaikan bentuk pipi yang semakin merata . Perbedaan pada mata yang semakin mengecil bola matanya , bagian hidungpun ada yang memanjang dan ada yang masih seperti biasa ketika masih anak anak (pesek) . Dagu sudah membentuk lebih menyesuaikan bentuk mulut , dan perbedaan bentuk mulut di sini yaitu mulut cowok lebih besar di bandingkan ,ulut cewek , dan bahkan ada mulut cewek yang lebih kecil .






  • DEWASA 
Untuk bentuk kepala dewasa  cowok pada umumnya lebih panjang di banding cewek . dan perbedaan yang menonjol terletak pada bagian dagu cewek yang agak memanjang lancip . Untuk bagian hidung pun lebih menyesuaikan dengan usia , semakin dewasa maka akan semakin memanjang . Bagian mulut hanya berubah sedikit saja , tidak ada bentuk mulut ketika dewasa menjadi semakin lebar , dan biasanya masih sama ketika masih remaja .








  • TUA
Bulatan oval untuk manusia dewasa bisa memanjang melebihi panjang ketika desawa , dan bisa juga tetap seperti biasa ketika masih dewasa . Bagian tulang di sekitar pipi lebih cenderung menonjol , dan pipinya pun semakin cekung masuk ke dalam . Ada juga bagian pipi yang lebih mengendur , dan bagian bola mata menjadi semakin lebih kecil . dan banya timbul beberapa kerutan kerutan di sekitar area dahi ., kelopak atas dan bawah , bagian pipi dan mulut .









Beberapa bagian dasar sebuah bentuk wajah akan semakin memperindah bentuk tubuh sesuai dengan karakternya masig masing , kita tinggal menyesuaikan bagaimana bentuk wajahnya , bagaimana bentuk badannya , bagaimana bentuk pergelangan tangannya dan bagaimana bentuk pergelangan kaki nya . Jika kamu dapat mengekspresikannya ke dalam sebuah karya , hal ini akan menarik sekali dan akan membuat perkembangan hobi menggambarmu menjadi semakin bagus dan berkembang .

Sumber : Kreatifberkarya.com

Comments

Popular Posts